Jumat, 29 Oktober 2010

Indian Country


Republik India (भारत गणराज्य) adalah sebuah negara di Asia yang mempunyai jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia, dengan populasi lebih dari satu milyar jiwa, dan adalah negara terbesar ketujuh berdasarkan ukuran wilayah geografis. Jumlah penduduk India tumbuh pesat sejak pertengahan 1980-an. Ekonomi India adalah terbesar keempat di dunia dalam PDB, diukur dari segi paritas daya beli (PPP), dan salah satu pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. India, negara dengan sistem demokrasi liberal terbesar di dunia, juga telah muncul sebagai kekuatan regional yang penting, memiliki kekuatan militer terbesar dan mempunyai kemampuan senjata nuklir.
Terletak di Asia Selatan dengan garis pantai sepanjang 7.000 km, dan bagian dari anak benua India, India merupakan bagian dari rute perdagangan penting dan bersejarah. Dia membagi perbatasan dengan Pakistan, Republik Rakyat Cina, Myanmar. Banglades, Nepal, Bhutan, dan Afganistan. Sri Lanka, Maladewa, dan Indonesia adalah negara kepulauan yang bersebelahan.
India adalah letak dari peradaban kuno seperti Budaya Lembah Indus dan merupakan tempat kelahiran dari empat agama utama dunia: Hindu, Buddha, Jainisme, dan Sikhisme. Negara ini merupakan bagian dari Britania Raya sebelum meraih kemerdekaan pada 1947.


Ekonomi


Indeks sensitif Bursa Saham Bombay digunakan sebagai penentu kekuatan ekonomi India
India memiliki ekonomi yang berada dalam urutan ke-10 dalam konversi mata uang dan ke-4 terbesar dalam PPP. Dia memiliki rekor ekonomi dengan pertumbuhan tercepat sekitar 8% pada 2003. Dikarenakan populasinya yang besar, namun pendapatan per kapita India berdasarkan PPP hanya AS$3.262, berada di urutan ke-125 oleh Bank Dunia. Cadangan pertukaran asing India sekitar AS$143 milyar. Mumbai merupakan ibu kota finansial negara ini dan juga merupakan rumah dari Reserve Bank of India dan Bombay Stock Exchange. Meskipun seperempat dari penduduk India masih hidup di bawah garis kemiskinan, jumlah kelas menengah yang besar telah muncul karena cepatnya pertumbuhan dalam industri teknologi informasi.
Ekonomi India dulunya banyak tergantung dari pertanian, namun sekarang ini hanya menyumbang kurang dari 25% dari PDB. Industri penting lainnya termasuk pertambangan, petroleum, pengasahan berlian, film, tekstil, teknologi informasi, dan kerajinan tangan. Kebanyakan daerah industri India berpusat di kota-kota utamanya. Tahun-tahun belakangan ini, India telah muncul sebagai salah satu pemain terbesar dalam perangkat lunak dan business process outsourcing, dengan pendapatan sekitar AS$17,2 milyar pada 2004-2005. Dan ada juga banyak industri skala kecil yang meyediakan lapangan kerja yang stabil bagi penduduk di kota kecil dan pedesaan.
Meskipun India hanya menerima sekitar tiga juta pengunjung asing setiap tahun, pariwisata tetap penting tapi masih sumber pendapatan nasional yang belum berkembang. Pariwisata menyumbangkan 5,3 persen dari PDB India. Partner perdagangan utama India termasuk Amerika Serikat, Jepang, Republik Rakyat Cina dan Uni Emirat Arab.
Ekspor utama India termasuk produk pertanian, tekstil, batu berharga dan perhiasan, jasa perangkat lunak dan teknologi, hasil teknik, kimia, dan hasil kulit sedangkan komoditas impornya adalah minyak mentah, mesin, batu berharga, pupuk, kimia. Pada tahun 2004, total ekspor India berjumlah AS$69,18 milyar sedangkan impor sekitar AS$89,33 milyar.

[sunting] Geografi dan cuaca


Himalaya, yang memanjang dari Jammu dan Kashmir di utara hingga Arunachal Pradesh di timur jauh, membentuk hampir seluruh perbatasan India di timur
Seluruh negara-negara bagian India di utara dan timur laut dibentuk oleh Banjaran Himalaya. Wilayah lainnya terdiri dari hamparan Indo-Gangetik yang subur. Di sebelah barat yang berbataskan Pakistan tenggara terdapat Gurun Thar. Semenanjung India di selatan hampir seluruhnya merupakan bagian dari hamparan Dekan (Deccan). Di kedua sisi hamparan ini terdapat dua banjaran pesisir yang berbukit-bukit, Ghats Barat dan Ghats Timur.
India mempunyai beberapa sungai besar seperti Sungai Gangga, Brahmaputra, Yamuna, Godavari, dan Krishna. Sungai-sungai tersebutlah yang menyebabkan suburnya hamparan-hamparan di sebelah utara India sehingga cocok untuk ditanam.
Cuaca India beragam, dari cuaca tropis di selatan hingga ke cuaca menengah di utara. Sebagian dari India yang terletak di pegunungan Himalaya mempunyai cuaca tundra. India memperolehi hujannya dari monsun.

[sunting] Negara-negara bagian dan Union Territory

India dibagi kepada 28 negara bagian (yang kemudian dibagi kepada distrik), enam Wilayah Persatuan (Union Territory) dan Wilayah Ibu Kota Nasional (National Capital Territory) Delhi. Negara-negara bagian mempunyai pemerintah yang dilantik sendiri, sementara Wilayah-wilayah Persatuan diperintah seorang pengurus yang dilantik pemerintah persatuan (union government), meski beberapa di antaranya mempunyai pemerintah yang dilantik.
Negara bagian dan wilayah India:
  1. Andhra Pradesh
  2. Arunachal Pradesh
  3. Assam
  4. Bihar
  5. Chhattisgarh
  6. Goa
  7. Gujarat
  8. Haryana
  9. Himachal Pradesh
  10. Jammu dan Kashmir
  11. Jharkhand
  12. Karnataka
  13. Kerala
  14. Madhya Pradesh
  1. Maharashtra
  2. Manipur
  3. Meghalaya
  4. Mizoram
  5. Nagaland
  6. Orissa
  7. Punjab
  8. Rajasthan
  9. Sikkim
  10. Tamil Nadu
  11. Tripura
  12. Uttaranchal
  13. Uttar Pradesh
  14. Bengal Barat

Wilayah Persatuan
  1. Kepulauan Andaman dan Nicobar
  2. Chandigarh
  3. Dadra dan Nagar Haveli
  4. Daman dan Diu
  5. Lakshadweep
  6. Pondicherry
Wilayah Ibu Kota Nasional:
  1. Delhi

Kebudayaan


Taj Mahal di Agra. Shah Jahan membangunnya sebagai mausoleum untuk mengenang istrinya, Mumtaz Mahal. UNESCO memasukkannya ke dalam daftar Situs Warisan Dunia.[1]
Kebudayaan India penuh dengan sinkretisme[2] dan pluralisme budaya.[3] Kebudayaan ini terus menyerap adat istiadat, tradisi, dan pemikiran dari penjajah dan imigran sambil terus mempertahankan tradisi yang sudah mapan dan menyebarluaskan budaya India ke tempat-tempat lain di Asia.
Kebudayaan tradisional India memiliki hirarki sosial yang relatif ketat. Sejak usia dini, anak-anak diajari tentang peran dan kedudukan mereka dalam masyarakat.[4] Tradisi ini diperkuat dengan kepercayaan kepada dewa-dewa dan roh yang dianggap berperan penting dan tak terpisahkan dari kehidupan mereka.[4] Dalam sistem kasta di India ditetapkan stratifikasi sosial dan pembatasan dalam kehidupan sosial di anak benua India. Kelas-kelas sosial dibentuk oleh ribuan kelompok herediter yang mempraktikkan endogami, yang umum disebut jāti atau kasta.
Orang India sangat menghargai nilai-nilai kekeluargaan tradisional. Walaupun demikian, rumah-rumah di perkotaan sekarang lebih sering hanya didiami oleh keluarga inti. Hal ini disebabkan keterbatasan ekonomi dan sosial untuk hidup bersama dalam sebuah keluarga besar. Di kawasan pedesaan masih umum dijumpai anggota keluarga dari tiga hingga empat generasi yang tinggal di bawah satu atap.[4] Masalah-masalah yang timbul dalam keluarga sering diselesaikan secara patriarkisme.[4] Mayoritas terbesar orang India menikah setelah dijodohkan oleh orang tua mereka atau anggota keluarga yang dituakan, namun dengan persetujuan pengantin pria dan pengantin wanita.[5] Pernikahan dipandang sebagai ikatan seumur hidup,[5] dan angka perceraian sangat rendah.[6] Walaupun demikian, pernikahan dini masih merupakan tradisi yang umum.[7] Separuh dari populasi wanita India menikah sebelum mencapai usia 18 tahun yang merupakan usia dewasa menurut hukum.[8]
Masakan India mencakup berbagai masakan khas dari berbagai kawasan di India. Ciri khas masakan India adalah pemakaian bumbu serta rempah-rempah yang beraneka ragam. Makanan pokok orang India adalah beras (terutama di India selatan dan timur) dan gandum di India bagian timur.[9] Rempah-rempah seperti merica aslinya berasal dari anak benua India. Cabai menjadi populer di India berkat diperkenalkan oleh orang Portugis.[10]
Pakaian tradisional berbeda-beda menurut daerahnya di India. Warna-warni dan gaya pakaian tradisional bergantung pada berbagai faktor, terutama iklim. Pakaian berupa kain yang disampirkan merupakan gaya busana yang populer di India. Wanita mengenakan pakaian yang disebut sari, dan pria mengenakan pakaian yang disebut dhoti atau lungi. Pakaian dari kain yang dijahit juga populer, seperti salwar kameez yang dikenakan wanita. Pria mengenakan kurta berikut piyama, selain celana panjang dan kemeja gaya Eropa yang juga populer.
Sebagian besar hari libur di India merupakan hari raya keagamaan. Walaupun demikian, di India juga terdapat hari raya sekuler yang dirayakan tanpa memandang kasta dan kepercayaan. Hari raya yang dikenal di seluruh India, misalnya Diwali, Ganesh Chaturthi, Ugadi, Thai Pongal, Holi, Onam, Vijayadasami, Durga Puja, Idul Fitri, Bakr-Id, Natal, Buddha Jayanti, dan Vaisakhi.[11] India memiliki tiga hari nasional. Selain itu, India memiliki hari raya lainnya. Jumlah hari libur resmi antara 9 hingga 12 hari bergantung kepada masing-masing negara bagian. Kehidupan beragama merupakan bagian tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari dan bukan urusan pribadi.
Arsitektur India sangat melambangkan kebinekaan kebudayaan India. Sebagian di antaranya, termasuk monumen megah seperti Taj Mahal dan bangunan berarsitektur arsitektur MughalMughal dan India Selatan merupakan campuran dari tradisi kuno dan beraneka ragam tradisi lokal dari berbagai wilayah di India dan luar negeri. Arsitektur vernakular juga menunjukkan variasi regional yang mencolok.
Musik India mencakup berbagai jenis musik daerah dan musik tradisional. Musik tradisional India secara garis besar dibagi menjadi dua jenis: musik tradisional Hindustani dari India Utara, Karnataka dari India Selatan, dan berbagai variasi darinya yang muncul di sebagai musik daerah di India. Musik filmi dan musik rakyat India merupakan bentuk-bentuk musik pop yang telah menjadi bentuk musik daerah. Musik yang dibawakan kelompok baul berakar pada tradisi sinkretisme, dan merupakan contoh musik rakyat yang dikenal luas.
Tari India juga terdiri dari bentuk-bentuk tari klasik dan tari rakyat. Di antara tari rakyat India yang dikenal luas, misalnya: bhangra dari Punjab, bihu dari Assam, chhau dari Benggala Barat, Jharkhand dan sambalpuri dari Orissa, serta ghoomar dari Rajasthan. Akademi Musik, Tari, dan Drama Nasional India telah mengakui delapan bentuk tari sebagai tari klasik India. Di antara kedelapan tarian tersebut sebagian di antaranya dilengkapi narasi dan dipengaruhi unsur-unsur mitologi Hindu. Kedelapan tari klasik India yang dimaksud adalah: bharatanatyam dari Tamil Nadu, kathak dari Uttar Pradesh, kathakali dan mohiniyattam dari Kerala, kuchipudi dari Andhra Pradesh, manipuri dari Manipur, odissi dari Orissa, dan sattriya dari Assam.[12]
Teater di India memadukan musik, tari, dan dialog yang memakai skenario atau improvisasi.[13] Kisahnya sering didasarkan pada mitologi Hindu, namun sebagian di antaranya mengambil ide dari kisah percintaan abad pertengahan, sambil menyinggung peristiwa-peristiwa sosial dan politik. Teater rakyat yang populer di India, misalnya: bhavai dari negara bagian Gujarat, jatra dari Benggala Barat, nautanki dan ramlila dari India Timur, tamasha dari Maharashtra, burrakatha dari Andhra Pradesh, terukkuttu dari Tamil Nadu, serta yakshagana dari Karnataka.[14]
India memiliki industri film terbesar di dunia.[15] Bollywood memproduksi film-film Hindi yang laris. Industri film Bollywood berpusat di Mumbai, dan telah menjadi industri film paling produktif di dunia.[16] Selain Bollywood, film-film berbahasa Bengali, Kannada, Malayalam, Marathi, Tamil, dan Telugu juga didukung oleh industri film yang mapan.[17]
Bentuk-bentuk awal sastra India berbentuk sastra lisan yang kemudian dijadikan sastra tertulis.[18] Kesusastraan India mencakup karya-karya sastra Sanskerta, seperti bentuk awal Weda, epos Mahabharata dan Ramayana, drama Sakuntala, puisi-puisi seperti Mahākāvya,[19] dan sastra Sangam dalam bahasa Tamil.[20] Di antara penulis India era modern terdapat sastrawan Rabindranath Tagore yang memenangi Hadiah Nobel tahun 1913.

Sejarah

Imigrasi dan percampuran budaya secara terus menerus berlangsung di India selama ribuan tahun. Iklim India yang berbeda-beda menurut daerahnya, mulai dari daerah beriklim tropis hingga daerah beriklim Pegunungan Alpen, dan menyediakan beraneka ragam bahan makanan. Bagi sebagian orang India, makanan sudah menjadi simbol keagamaan dan identitas sosial dengan beraneka ragam tabu dan pelarangan. Sebagian penganut Jainisme, misalnya, tidak makan akar-akaran atau makanan yang diambil dari dalam tanah. Sebagian penganut Hindu dan Buddha adalah juga vegetarian. Antara 20% hingga 42% penduduk India adalah vegetarian ketat, sementara hanya 30% dari penduduk India yang pemakan daging.[10][11][12]

Masala dosa di India selatan
Sekitar 7000 SM, penduduk Lembah Sungai Indus sudah menanam wijen, terung, dan memelihara zebu.[13] Pada tahun 3000 SM, kunyit, kapulaga, lada, dan mustar sudah umum dipanen di India.[14] Sebagian dari hidangan yang dikenal sekarang berasal dari periode Weda, ketika India masih berhutan lebat, dan hasil pertanian dilengkapi dengan makanan hasil memungut di hutan dan daging hasil berburu. Semasa periode Weda, makanan sehari-hari orang India berupa buah-buahan, sayuran, serealia, produk ternak perah, dan madu.[15] Sedikit demi sedikit penduduk mulai menerapkan filsafat Hindu ahimsa dan menjadi vegetarian.[16] Biksu Faxian mengunjungi India pada tahun 405 dan melaporkan orang India sebagian besar vegetarian, tidak memelihara babi atau unggas, tidak menjual hewan ternak hidup, di pasar tidak ada tukang jagal dan tidak ada penjual minuman yang memabukkan.[17] Vegetarianisme makin populer seiring kemajuan Buddhisme dan berkat iklim yang bersahabat. Sayuran dan serealia bisa dipanen sembarang waktu dalam setahun. Masakan India, mulai dari hidangan di rumah hingga hidangan untuk festival berakar dari tradisi yang diatur oleh naskah Ayurweda. Dalam sistem pengobatan Ayurweda terdapat sistem klasifikasi makanan yang menggolongkan bahan makanan sebagai sattva, rajas, atau tamas. Masing-masing kategori makanan dipercaya berpengaruh kuat terhadap kesehatan jasmani dan rohani.
Invasi kekuatan asing dari wilayah tetangga, seperti Asia Tengah, Arab, Kemaharajaan Mughal, dan Persia, pola makan orang India ikut berubah. Pedagang Arab memperkenalkan masakan Arab dan pedagang Portugis memperkenalkan masakan Portugis. Masakan India diperkaya dengan diperkenalkannya sayuran dari Dunia Baru, seperti tomat, cabai, dan kentang pada masa India Portugis dan India Britania. Dari orang Inggris, orang India belajar teknik memasak yang baru seperti resep berbagai hidangan panggang.
Pengaruh Islam membawa makanan berkuah kental, pilaf, hingga beraneka hidangan daging seperti kebab. Selama tiga ratus tahun berikutnya, masakan eksotik dari Persia dan Iran diperkenalkan ke India.[1] Semasa pemerintahan Sultan Mughal Akbar yang Agung dan Shah Jahan, masakan India bercampur dengan masakan Asia Barat menghasilkan masakan Mughlai. Pada waktu itu, masakan sayuran kalah populer dari makanan daging, dan minuman beralkohol seperti soma dan sura lebih disukai daripada susu.[1] Di India masa itu sudah dikenal buah-buahan seperti aprikot, melon, persik, dan prem. Orang Mughal sangat menyukai makan enak. Makanan mewah sering dihidangkan di masa berkuasanya Jahangir and Shah Jahan. Pada saat yang bersamaan, para nizam dari negara Hyderabad mengembangkan gaya masakan tersendiri, dengan makanan khas berupa biryani hyderabad.

[sunting] Bahan-bahan


Rempah-rempah dan bumbu standar untuk masakan India
Makanan pokok orang India adalah beras, atta (tepung gandum utuh), dan berjenis-jenis kacang. Jenis kacang yang terpenting adalah masoor (lentil), chana (kacang arab), toor (kacang gude), urad (kacang hitam), dan kacang hijau. Kacang-kacangan dapat digunakan utuh, dikupas, dibelah dua setelah dikupas (disebut dal), atau kacang arab yang dihaluskan menjadi tepung (besan).
Hidangan lengkap orang India terdiri dari nasi putih atau beraneka jenis roti (naan, puri, roti) dan kari sayuran (sabzi). Daging ternak atau makanan laut tidak dianggap sebagai hidangan utama, termasuk oleh nonvegetarian. Dalam masakan India, selain sebagai hidangan utama, sayuran dimasak sebagai hidangan pembuka, makanan ringan, acar, dan hidangan penutup.
Minyak goreng diperlukan untuk membuat kari. Di India Barat dan Utara, orang menggunakan minyak kacang dari kacang tanah, dan minyak mustar lebih umum dipakai di India Timur. Di India Selatan, minyak kelapa dan minyak wijen lebih umum dipakai orang untuk memasak. Selain itu, minyak bunga matahari dan minyak kedelai juga populer di India. Minyak sayur terhidrogenasi yang disebut vanaspati juga populer sebagai pengganti ghee (minyak samin).
Rempah-rempah yang sering dipakai dalam masakan India adalah cabai (mirch), biji sesawi hitam (rai), jintan putih (jeera), kunyit (haldi, manjal), klabet (methi), asafetida (hing, perungayam), jahe (adrak, inji), kayu manis (dalchini), ketumbar (dhania), bawang putih (lassan, poondu), dan ajwain (terutama di Gujarat dan Punjab).
Bumbu siap pakai yang paling populer adalah bubuk garam masala yang terdiri dari paling tidak lima jenis rempah, ketumbar, jintan, kapulaga, kayu manis, dan cengkeh. Garam masala ditaburkan di atas masakan sewaktu makanan hampir masak agar aroma garam masala tidak hilang. Setiap daerah memiliki garam masala yang khas, misalnya goda masala yang populer di Maharashtra. Juru masak juga sering meracik sendiri bahan-bahan untuk garam masala.
Masakan India juga memakai berbagai daun herba, misalnya, tejpat (daun cassia), daun ketumbar, daun klabet, dan daun mint (podina). Bumbu atau penyedap lain yang sering digunakan adalah pala (jaiphal), bubuk mangga (amchur), kuma-kuma (kesari), bubuk paprika merah (deghi mirch), dan air mawar. Daun salam koja (kari patta) hampir selalu digunakan dalam masakan India Selatan.

[sunting] Masakan menurut daerah

[sunting] Masakan India Utara


Set menu thali untuk vegetarian di Rajasthan, India.
Ciri khas masakan India Utara pada penggunaan produk ternak perah, seperti susu, paneer, minyak samin, dan yogurt. Sejumlah masakan India Utara berasal dari periode invasi Islam, misalnya kebab. Masakan Pakistan dan masakan India Utara hampir serupa karena keduanya memiliki budaya dan sejarah yang sama.
Makanan pokok sebagian besar penduduk India Utara adalah lentil dan berbagai jenis roti dari tepung gandum. Iklim di utara lebih sejuk dan kering sehingga ideal untuk bertanam gandum. Berbagai jenis acar (achar) seperti murabba dimakan sebagai pelengkap lauk. Kuah kental pada masakan didapat dari produk ternak perah. Cabai, kuma-kuma, dan kacang-kacangan umum dipakai dalam masakan.
Di India Utara, orang memanggang roti dan paratha memakai alat masak yang disebut tawa (plat besi). Oven berbentuk silinder yang disebut tandoor dipakai untuk memanggang roti seperti naan dan kulcha, serta ayam tandoori. Jenis roti yang lain seperti puri dan bhatoora digoreng di wajan dengan minyak goreng yang banyak. Daging kambing dan domba sangat disukai orang India Utara.
Makanan ringan paling populer dari India Utara adalah samosa. Isi samosa adalah kentang rebus dan sayuran berbumbu kari. Variasi samosa bisa saja diisi paneer, daging cincang, dan khumbi (jamur). Makanan ringan lain khas India Utara, misalnya: mirchi bada, bhujiya, chaat, kachori, imarti. Minuman populer dari India Utara adalah sharbat dan aam panna. Manisan berupa mangga yang diberi gula disebut aam papad. Kue-kue (disebut (mithai) dan manisan dari India Utara misalnya: gulab jamun, jalebi, peda, petha, rewadi, gajak, bal mithai, singori, kulfi, falooda, khaja, ras malai, gulkand, dan beberapa variasi dari laddu, barfi, dan halwa.

[sunting] Masakan India Timur


Nollen sandesh, kue populer dari Benggala Barat, India.
Masakan India Timur terkenal dengan hidangan penutup seperti rasagolla, chum chum, sandesh, rasabali, chhena poda, chhena gaja, chhena jalebi, dan kheer. Sebagian dari kue-kue yang sekarang populer di India Utara berasal dari Benggala atau Orissa. Di India Timur, biji poppy banyak digunakan dalam masakan.
Seperti halnya orang India bagian selatan, makanan pokok orang India Timur adalah nasi. Lauk yang umum berupa kari lentil dan hidangan daging seperti ikan, ditambah beberapa jenis sayur. Masakan tradisional Orissa, Benggala, dan Assam memakai bumbu dalam jumlah sedang. Bumbu yang umum dalam masakan Oriya, Benggala, dan Assam adalah biji sesawi, jintan, jintan hitam, cabai hijau, pasta jintan, dan rempah siap pakai yang disebut panch phoron atau panch phutana. Pasta mustar, dadih, kadang-kacangan, pasta biji poppy, dan pasta kacang mete biasanya dimasak di minyak mustar. Kari digolongkan menjadi bata (pasta), bhaja (goreng), chochchoree (sedikit pedas), dan jhol (kari dengan sedikit rempah). Lauk berupa kari dimakan bersama nasi putih atau ghonto (nasi berbumbu).
Sarapan tradisional berupa panta bhat atau pakhaal. Makanan pagi lainnya berupa berondong beras atau beras yang dipipihkan dan dimakan setelah disiram susu dan dicampur buah-buahan. Masakan Bangladesh sangat mirip dengan masakan India Timur, khususnya masakan orang Benggala Barat. Penduduk bagian timur India senang makan ikan dan kerang. Hidangan sayur yang populer di Orissa adalah dalma dan santula, sementara di Benggala adalah sukto.

[sunting] Masakan India Selatan


Idli dihidangkan bersama chutney kelapa, hidangan populer di India selatan.[18]
Masakan India Selatan memiliki beraneka ragam hidangan nasi karena nasi adalah makanan pokok bagi orang India Selatan. Lauk untuk makan nasi adalah sambar dan rasam, berbagai jenis acar, hidangan dari kelapa parut dan santan, serta hidangan yang memakai minyak kelapa dan daun salam koja.
Kari sayuran dari India Selatan disebut kozhambu. Hidangan makan pagi di India Selatan misalnya dosa, poori, idli, vada, bonda, dan bajji. Hidangan India Selatan yang populer adalah kesaribath, upma, pulao, puliyodharai, dan thengai sadham. Biryani hyderabad sering disebut masakan yang mewakili India Selatan.[19] Ciri khas masakan India Selatan adalah penggunaan asam jawa (imli), kelapa, lentil, beras, dan berbagai jenis sayuran. Orang di Udupi memiliki masakan khas yang disebut masakan Udupi.
Masakan Andhra, masakan Chettinad, masakan Tamil, masakan Hyderabad, masakan Mangalore, dan masakan Kerala masing-masing memiliki ciri khas sendiri. Setiap negara bagian di India Selatan memiliki resep sambar yang berbeda-beda. Sambar kerala, sambar tamil, sambar karnataka, dan pappu chaaru dari Andhra masing-masing memiliki rasayang khas. Hidangan yang populer dari India Selatan adalah nasi briyani, nasi ghee dengan kari daging, kari makanan laut (udang, makerel, kerang), dan kue dadar pathiri setipis kertas dari daerah Malabar.

[sunting] Masakan India Barat


Makanan ringan Pani puri
Masakan India Barat terdiri dari masakan Maharashtra, masakan Gujarat, dan masakan Goa. Masakan Maharashtra masih dibagi menjadi dua kelompok, masakan pesisir dan masakan pegunungan. Masakan pesisir bergantung kepada beras, kelapa, dan ikan karena memiliki kondisi geografis seperti di Goa. Masakan pegunungan di dataran tinggi Ghats Barat dan Dataran Tinggi Dekkan memakai kacang tanah sebagai pengganti kelapa, dan makanan pokok berupa jowar (sorgum) dan bajra (milet). Di kawasan pesisir Konkan dikenal masakan Saraswat, sementara mayoritas hidangan dalam masakan Gujarat adalah makanan vegetarian. Sebagian besar makanan Gujarat terasa manis karena ditambah gula atau gula merah. Di masa India Portugis, bermunculan hidangan masakan Goa yang dipengaruhi oleh masakan Portugis.

[sunting] Masakan India Timur Laut

Makanan di India Timur Laut sangat berbeda dari makanan daerah lain di India. Masakan India Timur Laut sangat dipengaruhi masakan negara tetangga seperti masakan Burma dan masakan Cina. Rempah-rempah yang dipakai tergolong eksotik bila dibandingkan masakan daerah lainnya di India. Daging yak merupakan makanan populer di India Timur Laut.

[sunting] Kepopuleran dan pengaruh di luar India


Ayam tikka, hidangan India yang populer ke seluruh dunia, mencerminkan pengaruh kuat dari masakan Asia Tengah
Masakan India adalah salah satu dari masakan terpopuler di dunia.[20] Tidak hanya populer di kalangan diaspora India, namun juga di kalangan penduduk Amerika Utara dan Eropa.[21] Pada 2003, di Inggris tercatat lebih dari 10.000 rumah makan yang menyediakan masakan India.[22] Survei yang dilakukan tahun 2007 mengungkap 1.200 jenis produk makanan India yang diimpor oleh Amerika Serikat sejak tahun 2000.[23] Menurut data Badan Standar Pangan Britania Raya, industri makanan India di Kerajaan Bersatu bernilai £3,2 miliar. Nilai tersebut setara dengan dua per tiga dari total uang untuk makan di luar yang dikeluarkan penduduk Britania Raya. Setiap minggunya, rumah makan India di Britania melayani sekitar 2,5 juta penduduk.[24]

Murgh makhani, hidangan populer di negara-negara Barat dan Arab.
Selain di Eropa dan Amerika Utara, masakan India populer di Asia Tenggara yang merupakan wilayah pengaruh India. Masakan India sudah sejak lama mempengaruhi masakan Malaysia, dan sangat populer di Singapura.[25][26] Masakan negara-negara tetangga India yang terpengaruh gaya masakan India adalah masakan Vietnam,[9] masakan Indonesia,[27] dan masakan Thailand.[28] Penyebaran makanan vegetarian di Asia juga disebabkan oleh agama Buddha India.[29] Masakan India juga sangat populer di dunia Arab karena rasanya mirip dan sejak lama berpengaruh terhadap masakan Arab.[30]
Kepopuleran kari di negara-negara Asia menyebabkan kari dijadikan wakil masakan Asia.[31] Di dunia internasional, kepopuleran kari bisa disejajarkan dengan pizza.[32]

[sunting] Minuman


Teh rempah masala chai yang populer di seluruh India (kiri) dan kopi saring india yang populer di India Selatan (kanan).[33][34]
Air putih selalu disediakan sewaktu makan. Orang India senang minum air putih sewaktu makan karena dianggap tidak mengacaukan rasa makanan.
Teh adalah minuman utama di seluruh India. Daerah penghasil teh terbaik adalah Darjeeling and Assam. Teh biasanya direbus bersama rempah-rempah seperti kapulaga, cengkeh, kayu manis, dan jahe sebelum dicampur dengan susu untuk membuat minuman bernama masala chai yang manis dan kental.
Kopi susu populer di India Selatan. Kopi arabika terbaik ditanam di sekitar Mysore dan Karnataka. Produknya disebut Mysore Nuggets. Kopi saring india (kaapi) merupakan minuman populer di India Selatan. Minuman lain yang sering diminum orang India adalah nimbu pani (lemonade), lassi, chaach, badam doodh (susu badam), sharbat, air kelapa, dan air tebu. Minuman dingin dalam botol yang populer di India Selatan adalah Panner Soda atau goli soda (goli berarti kelereng). Keduanya dibuat dari campuran air karbonasi, air mawar, dan gula. Minuman lain yang populer dari India Selatan adalah susu mawar yang diminum dalam keadaan dingin.
India juga memiliki sejumlah minuman beralkohol khas India, termasuk anggur palem, fenny, dan bir India. Bhang juga diminum di India Utara, terutama sewaktu perayaan Holi dan Vaisakhi.

[sunting] Etiket


Di India Selatan, sehelai daun pisang yang sudah dicuci dijadikan pengganti alas makan.
Di India, makanan dimakan sambil duduk di kursi, di lantai, di kursi rendah, atau di atas bantal untuk duduk. Secara tradisional, makanan dimakan langsung dengan tangan, biasanya dengan jari-jari dan telapak tangan kanan, tanpa sendok dan garpu. Sewaktu makan dengan tangan, suhu makanan bisa dirasakan dengan tangan sebelum disuap ke mulut. Mulut juga bisa dicegah dari melepuh akibat makanan panas.
Set menu thali terdiri dari beraneka masakan daerah di India dalam mangkuk-mangkuk kecil yang disajikan dalam piring logam berukuran besar. Hidangan ini dilengkapi dengan raita dan beraneka jenis roti-rotian seperti naan, puri, roti, atau nasi.
Alat makan seperti sendok dan garpu dipakai oleh kalangan atas di India. Sendok dan garpu merupakan pengaruh budaya Romawi pada abad ke-16, dan mulanya hanya dikenal kalangan atas di India Utara. Perdagangan lada dengan orang Romawi menyebabkan dikenalnya alat-alat makan di Asia. Hidangan yang mengandung nasi biasanya boleh dimakan dengan sendok dan garpu, namun memakan roti dengan pisau atau garpu dianggap tidak sopan.


Mere Khayalon Mein Na Jaane Kitni Tasveeren Banne Lagi
Bas Aasmaanon Pe Do Dilo Ki Takdeere Banne Lagi
Bin Dekhe Hai Aisi Bechaini Tauba Oye Rabba Dekha To Jaane Kya Hoga
Sapno Mein Aane Wali Neende Churane Wali
Jaane Woh Kaisi Hogi Re
Oh Palko Ke Upar Niche Dil Ke Dhadkan Ke Peeche
Jaane Woh Kaisa Hoga Re
Andekhi Anjaani Si Pagli Si Deewani Si
Jaane Woh Kaisi Hogi Re


Hrithik Roshan Profile



HRITHIK ROSHAN PROFILE: Hrithik Roshan PROFIL:

Real Name: Hrithik Roshanlal Nagrath
Nickname: Duggu , Bolunath
Lahir: Jan 10th , 1974
Tempat Lahir: Mumbai , Maharastra , India
Kebangsaan: Indian
Zodiac Sign: Capricorn
Agama: Hindu
Tinggi: 6'0" or 1.84 m
Berat: 74 kgs
Lives In: Mumbai
Alamat: Mayur , Tilak Road , Santa Cruz (W) , 
Pekerjaan: Aktor
Status Perkawinan:Menikah
Family: Keluarga:
Ibu: Pinky Roshan
Ayah: Rakesh Roshan
Saudara:Sunaina
Pasangan: Suzanne Roshan Khan
Anak-anak:Anak Rehaan
Pendidikan: B.COM B. COM
Bahasa Dikenal: Hindi , urdu , English

Favorites: Favorit:
Warna:Hitam
Aktor: Amitabh Bachchan , Raj Kapoor and Sylvester Stallone 
Aktris: Madhubala , Madhuri Dixit , Kajol , Julia Roberts , Helen Hunt
Film: Dilwale Dulhaniya Le Jayenge , Kaho Naa Pyaar Hai , Sholay , Pretty Woman , When Harry met Sally 
Dish: Indian food Indian food
Pet Animal:Kucing persia
Hobi:Latihan harian dan Menonton Film




Hrithik Roshan FOTO ANAK



Hrithik Roshan & SUSAN NYA ISTRI FOTO PERKAWINAN



  Hrithik Roshan Roshan DENGAN SUSAN NYA ISTRI (KIRI), IBU Pinky Roshan HIS (KANAN) & SISTER SUSNAINA HIS (PALING KANAN)


ENTRY TO THE BOLLYWOOD FILM INDUSTRY: LEMA ATAS Film INDUSTRI BOLLYWOOD:

Hrithik Roshan , born on January 10, 1974, is a top rung bollywood actor and son of director Rakesh Roshan. Hrithik Roshan, lahir pada tanggal 10 Januari 1974, adalah anak tangga atas bollywood aktor dan sutradara putra Rakesh Roshan. Hrithik Roshan is fondly called Hrithik Roshan yang akrab dipanggil 'Duggu' by those close to him. 'Duggu' oleh mereka yang dekat dengannya. As a child artist Hrithik Roshan worked in 'Asha', 'Bhagwan Dada' and 'Aap ke Deewane'. Sebagai seorang artis anak Hrithik Roshan bekerja di 'Acha', 'Bhagwan Dada' dan 'Aap ke Deewane'. He also worked as an assistant director on 'Khudgarz', 'Karan Arjun' and 'Koyla', 'Karobar' and 'King Uncle'. Dia juga bekerja sebagai asisten sutradara di 'Khudgarz', 'Karan Arjun' dan 'Koyla', 'Karobar' dan 'King Paman'.

Hrithik Roshan made his debut as a leading man in Bollywood with 'Kaho Na Pyaar Hai' , a movie produced and directed by father Rakesh Roshan. Hrithik Roshan melakukan debut sebagai orang terkemuka di Bollywood dengan 'Kaho Na Pyaar Hai', sebuah film yang diproduksi dan disutradarai oleh ayahnya Rakesh Roshan. The movie was a huge success and turned Hrithik Roshan into a superstar literally overnight. Film ini sukses besar dan berubah Hrithik Roshan menjadi superstar harfiah semalam.

The movie's success was followed by an attack on Rakesh Roshan by the Mumbai underworld, after he ignored their extortion threats. Keberhasilan film ini diikuti dengan serangan terhadap Rakesh Roshan oleh bawah Mumbai, setelah ia mengabaikan ancaman pemerasan mereka. Rakesh Roshan survived the attack. Rakesh Roshan selamat dari serangan itu.

Hrithik's debut was so sensational, he was being seen as the man taking over from Shahrukh Khan, arguably the most successful actor in bollywood. Hrithik's debut begitu sensasional, ia terlihat sebagai orang mengambil alih dari Shahrukh Khan, dapat dikatakan sebagai aktor paling sukses di bollywood. Shahrukh Khan at that point of time became so insecure reportedly that he agreed to do a Pepsi commercial that made a dig at Hrithik Roshan who endorsed Coke then. Shahrukh Khan pada saat itu waktu menjadi sangat tidak aman dilaporkan bahwa ia setuju untuk melakukan komersial Pepsi yang membuat menggali di Hrithik Roshan yang didukung Coke kemudian. This led to a lot of bad press for Shahrukh Khan. Hal ini menyebabkan banyak pers yang buruk untuk Shahrukh Khan. Eventually things were sorted out and the two even worked together in Karan Johar's 'Kabhi Khushi Kabhi Gham' where Hrithik played younger brother to Shahrukh Khan. Akhirnya hal-hal yang dipilah-pilah dan dua bahkan bekerja sama dalam Karan Johar "Kabhi Khushi Kabhi Gham 'mana dimainkan Hrithik adik Shahrukh Khan.


Hrithik Roshan married Hrithik Roshan menikah Suzzane Khan Suzzane Khan soon after his debut amidst strong rumors of his liason with Kareena Kapoor. segera setelah debut rumor yang kuat di tengah penghubung dengan Kareena Kapoor. Hrithik's wife Suzzane Khan is the daughter of yesteryear's actor-director Sanjay Khan and sister of actor Zayed Khan. istri Hrithik's Suzzane Khan adalah putri dari aktor-sutradara tadi's Sanjay Khan dan adik dari aktor Zayed Khan. Hrithik now has a son from Suzzane Khan, named 'Rehaan' . Hrithik sekarang memiliki putra dari Suzzane Khan, bernama 'Rehaan'.

Meanwhile Hrithik's debut movie was followed by a string of flops including 'Fiza', 'Mission Kashmir', 'Yaadein', 'Aap Mujhe Achche Lagne Lage ', 'Na Tum Jaano Na Hum', 'Mujhse Dosti Karoge!' Sementara itu film debut Hrithik itu diikuti oleh serangkaian flop termasuk 'Fiza', 'Mission Kashmir' 'Yaadein', 'Aap Mujhe Achche Lagne Lage', 'Na Na Hum Tum Jaano', 'Mujhse Dosti Karoge! " and 'Main Prem Ki Diwani Hoon ' with the 2001 release 'Kabhi Khushi Kabhi Gham' being the only success in this period. dan 'Main Prem Ki Diwani Hoon' dengan 'Kabhi Khushi Kabhi Gham' rilis 2001 sukses menjadi hanya dalam periode ini. Critics almost wrote him off calling him a 'one film wonder' and a 'flash in the pan' until he bounced back with 'Koi Mil Gaya' Kritik hampir menulis dia pergi menyebutnya 'satu film heran' dan 'a' flash dalam wajan sampai ia bangkit kembali dengan 'Koi Mil Gaya' again directed by his father, Rakesh Roshan. lagi diarahkan oleh ayahnya, Rakesh Roshan.

Hrithik Roshan played a mentally retarted boy who becomes unusually strong and powerful with the influence of an extra terrestrial visitor from space. Hrithik Roshan memainkan anak mental retarted yang menjadi luar biasa kuat dan kuat dengan pengaruh dari pengunjung terestrial tambahan dari luar angkasa. The movie also brought him critical aclaim apart from bringing him back in favor with the masses.In early 2006 Hrithik Roshan starred in Film ini juga membawa dia aclaim kritis selain membawa dia kembali menguntungkan dengan masses.In awal Hrithik Roshan 2006 membintangi " Krissh" , a sequel to 'Koi Mil Gaya', the third movie produced and directed by his father for him that collected over 70 crore rupees (About $15 million) at the box office. "Krissh", sebuah sekuel 'Koi Mil Gaya', untuk film ketiga yang diproduksi dan disutradarai oleh ayahnya untuk dia yang dikumpulkan lebih dari 70 crore rupee (sekitar $ 15 juta) di box office.

Over the last five years, his three home productions have been his most successful films and some believe that Hrithik is only successful with his father behind the camera. Selama lima tahun terakhir, tiga produksi rumah telah film paling nya sukses dan beberapa percaya bahwa Hrithik hanya sukses bersama ayahnya di belakang kamera. Sources close to the Roshan family tell us that Hrithik Roshan has immense talent for filmmaking and his contribution to these movies have been behind the camera too. Sumber dekat dengan keluarga Roshan mengatakan bahwa Hrithik Roshan memiliki bakat besar untuk pembuatan film dan kontribusinya kepada film-film ini telah di belakang kamera juga. Hrithik is known to be very passionate about his work and gets involved in every aspect of a movie, especially if it is his own home production. Hrithik dikenal sangat bersemangat tentang pekerjaan dan terlibat dalam setiap aspek film, terutama jika itu adalah rumah produksi sendiri. Rakesh Roshan has publicly acknowledged Hrithik's role in keeping him in touch with contemporary world cinema. Rakesh Roshan secara terbuka mengakui peran Hrithik dalam membuatnya tetap berhubungan dengan dunia sinema kontemporer. Hrithik has assisted Rakesh Roshan on his home productions including 'King Uncle' and 'Karan Arjun'. Hrithik Roshan Rakesh telah membantu dalam produksi rumahnya termasuk 'Raja Paman' dan 'Karan Arjun'.

Hrithik Roshan is a favorite pin up boy of millions. Hrithik Roshan adalah pin favorit Facebook jutaan anak. Few knew that before his debut Hrithik tried hard to have a sculpted body without much success. Hanya sedikit yang tahu bahwa sebelum debutnya Hrithik berusaha keras untuk memiliki tubuh terpahat tanpa banyak keberhasilan. Finally a dejected Duggu approached superstar Salman Khan, having known him from the days of 'Karan Arjun' and received tips from him. Akhirnya Duggu sedih mendekati superstar Salman Khan, setelah diketahui dia dari hari-hari 'Karan Arjun dan menerima tips dari dia. This led to his beefy look in Hal ini menyebabkan terlihat berdaging di 'Kaho Na Pyaar Hai' that clicked with the masses. "Kaho Na Pyaar Hai 'yang diklik dengan massa.

Rakesh Roshan had spent a lot of money on his son's debut movie, trying to showcase every talent of his. Rakesh Roshan telah menghabiskan banyak uang untuk film debut anaknya, mencoba untuk menampilkan setiap bakat-nya. It turned out to be a very expensive movie and despite efforts distributors were wary of buying the rights to it. Ternyata menjadi film yang sangat mahal dan meskipun upaya distributor adalah mewaspadai membeli hak untuk itu. Eventually Rakesh Roshan released it himself in a few territories and reaped a bounty. Akhirnya Rakesh Roshan dirilis sendiri dalam beberapa wilayah dan menuai sebuah karunia.

Industry sources say Hrithik Roshan has been strongly influenced by the family of his in-laws and is no longer the soft spoken down to earth boy he was when he started out. sumber industri mengatakan Hrithik Roshan telah sangat dipengaruhi oleh keluarga mertuanya dan tidak lagi berbicara lembut turun ke bumi anak dia ketika dia mulai keluar. This was apparent when allegations of plagiarism surfaced against Rakesh Roshan for 'Krissh' and Hrithik was quoted as saying, "If there's anybody else out there claiming a piece of dad's original work, please come forward. I have a lot of muscle I need to put to come good use". Hal ini terlihat ketika tuduhan plagiarisme muncul terhadap Rakesh Roshan untuk 'Krissh' dan Hrithik dikutip mengatakan, "Jika ada orang lain di luar sana mengklaim sepotong karya asli ayah, silahkan datang ke depan. Saya punya banyak otot saya perlu dihukum datang menggunakan baik ".

Hrithik Roshan is known to be very choosy about the movies he works in and few scripts are written keeping him in mind. Hrithik Roshan dikenal sangat pemilih tentang film dia bekerja di dan beberapa script ditulis menjaga dia di pikiran. He is currently part of Yashraj film's Saat ini ia adalah bagian dari film Yashraj's 'Dhoom 2' a sequel to the 2004 movie 2 'sekuel' Dhoom untuk film 2004 'Dhoom' 'Dhoom' in which he plays a villain role for the first time and di mana ia memainkan peran penjahat untuk pertama kalinya dan 'Jodha-Akbar' 'Jodha-Akbar' directed by Ashutosh Gowariker. disutradarai oleh Ashutosh Gowariker.

Hrithik has a vestigial thumb on his right hand and is 6 feet tall. Hrithik memiliki thumb sisa di tangan kanannya dan 6 meter. His wife, Suzzane Khan has said on record that he's obsessed with his looks and is often found staring at himself in the mirror. Istrinya, Suzzane Khan mengatakan pada catatan bahwa ia terobsesi dengan penampilannya dan sering ditemukan menatap dirinya di cermin.

HRITHIK ROSHAN FILMOGRAPHY: Hrithik Roshan Filmografi:

Kismat Talkies (2007) Kismat Talkies (2007)
Jodha-Akbar (2007) Jodha-Akbar (2007)
I See You (2006) I See You (2006)
Dhoom 2 (2006) Dhoom 2 (2006)
Krrish (2006) Krrish (2006)
Lakshya (2004) Lakshya (2004)
Koi... Koi ... Mil Gaya (2003) Mil Gaya (2003)
Main Prem Ki Diwani Hoon (2003) Main Prem Ki Diwani Hoon (2003)
Mujhse Dosti Karoge! Mujhse Dosti Karoge! (2002) (2002)
Na Tum Jaano Na Hum (2002) Jaano Tum Na Na Hum (2002)
Aap Mujhe Achche Lagne Lage (2002) Aap Mujhe Achche Lagne Lage (2002)
Kabhi Khushi Kabhie Gham... Kabhi Khushi Kabhie Gham ... (2001) (2001)
Yaadein... Yaadein ... (2001) (2001)
Mission Kashmir (2000) Mission Kashmir (2000)
Fiza (2000) Fiza (2000)
Kaho Naa... Kaho Naa ... Pyaar Hai (2000) Pyaar Hai (2000)
Bhagwan Dada (1986) Bhagwan Dada (1986)
Aasha (1980) Aasha (1980)
Aap Ke Deewane (1980) Aap Ke Deewane (1980)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar